Pembuatan Objek Bendera Merah Putih dengan Blender

Dibuat Oleh : Dimas Imam Saputra (13114103), Pramudya Maulana (18114477) & Yosua Panondang ( 1C114485)
Kelas : 3ka21 
Universitas Gunadarma

Bendera merupakan lambang kedaulatan kemerdekaan dimana Negara yang memiliki dan mengibarkan bendera sendiri berarti Negara itu bebas mengatur segala bentuk aturan Negara tersebut.
Bendera pusaka adalah bendera yang dikibarkan didepan rumah soekarno, beberapa saat setelah dia memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Bendera pusaka dijahit oleh ibu Fatmawati yang dikibarkan setiap tahun di istan presiden pada saat upacara. Bendera pusaka terakhir kali dikibarkan pada tanggal 17 agustus 1968 karena kondisinya sudah rapuh dan sekarang disimpan di Monumen Nasional (MONAS).
Pada kesempatan kali ini kami akan membuat objek bendera merah putih dengan menggunakan software animasi Blender versi 2.78.

Langkah-langkah pembuatan objek dalam animasi bendera merah putih

A. BENDERA

1. tekan delete untuk menghapus bangun yang ada, kemudian enter.

2. tekan tombol shift + A, lalu pilih Mesh – Plane.

3. kemudian ubah angle menjadi 90 derajat pada sebelah kiri
4. atur ukuran bendera dengan menekan R + Y untuk sumbu Y dan R + Z untuk sumbu Z. 
5. tekan ctrl + r pada sisi vertikal dari persegi kemudian scroll mouse untuk menjadikan garis pembagi menjadi banyak. Lakukan pula untuk sisi horizontal.
6. kemudian klik a untuk menghilangkan seleksi pada objek.
7. ubah menjad edit mode, blok sisi atas dari objek bendera dengan menekan b kemudian pilih menu material di sebelah kanan. Buat material baru kemudian ubah warnanya menjadi merah. Lakukan hal yang sama untuk sisi bawah dengan warna putih.
B. TIANG BENDERA
1. tekan shift + a, kemudian mesh – cylinder. Atur besar dari tiang tersebut sesuai keinginan
2. posisikan objek tiang tersebut kesebelah kiri objek bendera
3. untuh objek tanahnya, cara nya sama dengan membuat objek bendera dengan menekan shift + a kemudian mesh – plane. 
C. GAMBAR LATAR
1. untuk membuat latar, buatlah objek yang sama seperti objek tanah atau bisa dengan shift + d untuk menduplikatnya
2. rotate dengan menekan r dan atur posisi sehingga menjadi keatas dan miring.
3. seleksi objek tersebut, ubah pada bagian atas menjadi cycles render dan di bagian bawah menjadi texture
4. pilih UV image editor pada menu image sebelah kanan dari texture dan pilih gambar yang diinginkan dengan open image
5. pada objek window kerja sebelah kiri, seleksi objek yang dijadikan latar dan tekan u, pilih unwrap.
6. pada window sebelah kanan di menu material, tekan tanda tambah untuk membuat material baru, pada list ‘color’ ganti menjadi ‘image texture’ dan pilih gambarnya sesuai dengan yang tadi sudah dipilih.
 

Saturday, April 22, 2017

Review Blender


Blender adalah software pembuat animasi 3D yang bersifat open source dan gratis. Blender mendukung fitur kerja seperti modelling, rigging, animation, rendering, compositing dan motion tracking, bahkan bisa untuk membuat game atau video editing.
Blender pada awalnya dikembangkan oleh perusahaan asal Belanda, NeoGeo. Setelah beberapa waktu banyak hal terjadi, dan akhirnya sekarang Blender berada dibawah nama GNU General Public License yang membuatnya bersifat open source dan gratis bagi siapapun yang ingin menggunakannya.



Unduh Software Blender
Blender tersedia dalam berbagai macam sistem operasi yang digunakan saat ini, seperti Windows (10,8,7,Vista), Mac OS X (Minimal Mac OS X 10.6+) dan juga GNU/Linux. Blender memiliki ukuran sebesar kurang lebih 70 MB. Untuk pengunduhannya bisa melalui website resmi blender di www.blender.org .

Interface

 


Blender memiliki 9 buah interface(tampilan) utama yang bisa dipilih dan digunakan sesuai kebutuhan. 9 buah interface tersebut seakan mewakili langkah-langkah yang umum digunakan pada pengolahan grafis 3D. Ke-9 interface tersebut adalah :
1.      Default : Pada umumnya interface default digunakan pada tahap modeling (pembuatan bentuk model 3D).
2.      3D View Full : Digunakan untuk melihat tampilan full screen model 3D.
3.      Animation : Digunakan pada tahap animating. Interface ini menyediakan graph, key frame, dan tools pendukung animasi lainnya.
4.      Compositing : Digunakan pada tahap pemberian efek-efek warna pada model 3D supaya terlihat nyata.
5.      Game Logic : Interface untuk para programmer game.
6.      Motion Tracking : Melihat gerakan model yang sudah dianimasikan secara lebih mendetail.
7.      Scripting : Interface untuk menulisan script. Biasanya digunakan untuk membuat animasi, special effect dan pemrograman game
8.      UV editing : Pengaturan pencahayaan pada model 3D.
9.      Video Editing : Sebuah interface sederhana untuk mengedit video yang sudah dirender supaya menjadi scene yang utuh.
Kelebihan Blender
1.      Gratis
2.      Bersifat open source, untuk para developer bisa membantu mengembangkan atau menghilangkan bug yang ada
3.      selalu ada tools baru yang ditambahkan beserta bug-bug yang sudah diperbaiki pada setiap updatenya.
4.      File instalasi yang tidak terlalu besar (Sekitar 40 Mb sebelum diinstall dan 150 Mb setelah di install).
5.      Blender versi terbaru juga mendukung GPU (Graphic Processor Unit )-CUDA computing. CUDA adalah metode computing pada kartu grafis untuk meningkatkan pengolahan kecepatan dan performa grafis.
6.      Blender dapat memprogram game dengan menggunakan script bahasa pemrograman Phyton.
Kekurangan Blender
1.      Fitur tidak selengkap software animasi sejenis lainnya
2.      Hasil tidak sebagus software animasi berbayar
3.      User Interface nya cukup membingungkan untuk pemula.


sumber referensi :


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas IBD Jilid 2 Referensi Film Guru Bangsa Tjokroaminoto

5 Bank Tertua Di Indonesia